7 Cara Membuat Keripik Samier Enak dan Renyah Lengkap Dengan Gambar

Loading...
Singkong adalah salah satu tanaman ubi-ubian yang bisa di buat menjadi banyak sekali jenis olahan masakan. Dan makanan hasil olahan singkong ini banyak sekali kita temui di daerah jawa tengah, Jogja dan jawa timur. Dari nenek moyang sampai tahun ini pun singkong masih merajai sebagai bahan olahan yang memiliki banyak macam olahan.



Beberapa makanan yang di hasilkan dari singkong adalah getuk, Potil, Slondok, keripik singkong dan Samiler atau samier. Tidak hanya itu banyak makanan-makanan yang ada di minimarket terdekat yang berbahan dasar singkong dan rasanya pun enak sekali. Dan harganya cukup untuk di kantong.

Akan tetapi makanan olahan singkong yang biasa kita beli diminimarket memilki bumbu yang kurang begitu sehat untuk anak-anak dan kita. karena banyak menggunakan penyedap rasa yang jika di konsumsi terlalu banyak akan membuat sakit. Untuk itu kami Ommasakom.com ingin membahas makanan olahan singkong yang sehat.

Baca Juga : Resep Menu Makanan Dari Tahu yang Nikmat

Dan menurut mimin makanan olahan singkong terenak adalah samier, selain Renyah, gurih dan enak samiler ini tidak bosan untuk di makan terus dan tidak terasa kenyang. Berbeda dengan slondok, potil dan lainnya.

Yuk langsung kita bahas saja Resep Dan cara membuat Keripik Samier Khas Jawa ini. Kita akan bahasa secara rinci dari bahan dan cara membuatnya secara detail:


Bahan-Bahan Keripik Samier / Samiler

- Singkong 1 Kg (singkong tua : hasil agak Renyah / Singkong muda : hasil standard).
- Tepung Kanji 1/2 Ons
- Daun Bawang atau Kucai 1 Ikat dan iris Tipis
- Halawa atau Royco atau bisa juga s@sa
- Daun pisang secukupnya dan dipotong persegi
- Minyak goreng secukupnya
- Garam Secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Samier Enak dan Renyah: 

- Pertama kali adalah Potong kulit singkong hingga dan Kemudian cuci hingga bersih. setelah itu di parut, bukan di tumbuk. Jika sudah di parut sisihkan

- Garam dan Bawang di tumbuk hingga halus, Kemudian Masukkan garam dan bawang yang sudah halus tadi ke dalam singkong yang sudah di parut. Kemudian tambahkan Halawa atau micin dan Irisan daun bawang. Terus Aduk hingga semua bahan tercampur merata. Setelah itu rasakan apakah sudah cukup rasa asinnya, jika belum maka tambahkan.

- Adonan yang sudah dicampur rata tadi di ambil sedikit demi sedikit dan bentuk tipis-tipis dan kemudian pipihkan di atas daun pisang yang sudah di olesi dengan minya goreng agar tidak lengket dan mudah di ambil.

- Kurang lebih 15 menit kukus adonan yang sudah di pipihkan tadi dengan api yang sedang saja. Pastikan saat mengukus adonan tertata rapi agar penguapannya bagus.

- Langkah kelima yakni letakkan adonan tadi di atas tampah yang bersih lalu jemur hingga benar-benar mengering, sehari atau dua hari juga bisa, asal cuaca mendukung dan sangat panas, sehingga hasil bisa renyah.

- Panaskan minyak goreng dan goreng kerupuk samier tadi dengan cepat, atau dengan api kecil karena kerupuk ini cepat gosong.

- Dinginkan Kerupuk dan nikmati kerupuk samier bersama keluarga.




Nah, Itu tadi adalah pembahasan bahan dan resep pembuatan samier yang mudah dan pastinya renyah. Kerupuk samier yang sudah di jemur bisa di goreng untuk bulan depan, karena memang awet dan tidak mudah busuk. Dan pastinya kerupuk buatan sendiri ini lebih sehat karena bahan-bahan kita tahu dan takaran sesuai dengan prosedur. Terima kasih sudah membaca Resep di Ommasakom.com semoga membantu.



Sumber : Cookpad / Yuni P
Loading...