Inilah 5 macam Makanan Untuk Memperbanyak Asi Ibu hamil Muda

Loading...



Perubahan hormon bagi ibu yang sedang mengandung, secara otomatis akan memicu respon dalam memproduksi ASI. Untuk ibu yang pertama kali melahirkan, ASI akan keluar ketika usia bayi berumur 3-4 hari. Akan tetapi, untuk kelahiran yang kedua, biasanya produksi ASI lebih cepat dan dapat diberikan pada bayi lebih awal. Untuk menyiapkan persediaan ASI maupun menambah kelancarannya, cobalah mengonsumsi beberapa makanan untuk memperbanyak asi.

Menurut ilmu kedokteran, pemberian ASI eksklusif sangat dibutuhkan bayi sampai usianya 6 bulan. Setelah itu, asupan makanannya dapat dibantu dengan makanan pendamping ASI atau lebih dikenal dengan MPASI.


Mengapa ASI penting untuk bayi? Karena kandungan di dalam ASI tersebut sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, kecerdasan dan tumbuh kembang bayi hingga usianya 6 bulan. Selebihnya hingga usia bayi 2 tahun, ibu bisa memberikan makanan pendamping ASI sebagai pelengkapnya.

Makanan untuk memperbanyak asi yang direkomendasikan para dokter, sekurang-kurangnya ada 5 jenis makanan.
  1. Sayuran hijau tua
Untuk ibu menyusui sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayur-sayuran hijau setiap hari. Brokoli, bayam, sawi dan syuran hijau lainnya merupakan jenis makanan yang dapat memperbanyak persediaan ASI bagi ibu untuk si kecil. Faktanya di dalam sayuran hijau tersebut kaya akan nutrisi penting untuk ibu dan bayi, seperti zat besi, kalsium, betakaroten, riboflavin dan folat.

  1. Kurma
Untuk meningkatkan persediaan ASI dibutuhkan kandungan kalsium untuk menaikan prolaktin. Prolaktin ini berupa hormon bawaan wanita yang membantu dalam memproduksi ASI setelah melahirkan. Kalsium tersebut terdapat pada buah kurma, bahkan kurma juga mengandung beberapa serat tinggi dan sumber energi untuk menambah tenaga baru bagi ibu yang menyusui.

  1. Ikan salmon
Kandungan lemak DHA di dalam ikan salmon sangat membantu untuk tumbuh kembang bayi dan kecerdasan otaknya. Ibu menyusui dapat mengkonsumsi ikan salmon dalam bentuk produk susu ataupun dalam bentuk olahan makanan. Tidak heran jika ibu menyusui lebih beranggapan bahwa mengkonsumsi ikan salmon dapat memperbanyak persediaan ASI.

  1. Gandum
Gandum utuh yang berserat tinggi dipercaya dapat memperbanyak ASI. Kandungan dalam semangkuk gandum akan memberikan rasa kenyang lebih lama untuk ibu menyusui. Hal tersebut dipercaya merupakan cara alami dalam memperbanyak persediaan ASI.

  1. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang merah dan kacang hitam, merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memperlancar sistem pencernaan. Kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti zat besi, mineral, vitamin dan protein sangat membantu dalam memperbanyak persediaan ASI bagi ibu menyusui.

Makanan untuk memperbanyak asi lainnya bisa Anda cari sendiri, sebagaimana yang direkomendasikan oleh dokter. Yang paling penting untuk meningkatkan dan menjaga asupan ASI tetap mengalir, sebaiknya ibu menyusui dengan durasi lebih lama dan lebih sering. Usahakan ibu menyususi agar tetap konsisten dalam menjaga kesehatannya dengan istirahat yang cukup serta menjaga pola makan yang baik.
----------------------------
Meta desc : Ada beberapa jenis makanan untuk memperbanyak ASI agar tetap mengalir. Namun, yang terpenting adalah ibu menyusui harus tetap menjaga kesehatannya.

Loading...