5 Makanan Wajib Bagi Ibu Hamil Agar Janin Tetap Sehat

Loading...

Lima Makanan Wajib Bagi Ibu Hamil Agar Janin Tetap Sehat #Ibuhamil #Pregnantfood #Healthyrecipe #Forpregnant #Mompregnant

            Menjaga agar tetap si buah hati yang ada di dalam kandungan selalu sehat, ibu hamil tentu harus memperhatikan asupan gizi dan makanan yang dikonsumsi. Hal ini sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan pertumbuhan anak di masa kandungan. Selain itu, para ibu hamil juga harus belajar dan mencari tahu makanan apa saja yang harus dipantang selama masa kandungan. Kali ini, kita akan berbagi lima makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil.

            Pertama, telur. Telur memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, seperti vitamin A, D, B12, dan kolin. Kolin merupakan nutrisi yang bisa meningkatkan kemampuan memori, mood, serta control otot. Maka asupan kolin selama kehamilan akan berpengaruh pula pada perkembangan otak janin yang bisa mencegah kondisi cacat lahir. Dua buah telur besar, sudah mencukupi kebutuhan kolin ibu hamil sebesar lima puluh persen. Selain mudah didapat, telur juga sangat ekonomis dan dapat dibeli dengan harga yang cukup murah. 

            Kedua, ikan salmon. Bagi bunda yang menyukai makanan berjenis ikan, bisa memilih ikan salmon untuk membantu asupan gizi selama masa kehamilan. Ikan salmon terkenal dengan kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Sehingga kandungan omega 3 ini juga bisa membantu menyehatkan janin hingga masa persalinan tiba. Memakan ikan salmon sangat dianjurkan, setidaknya satu minggu dua kali. Hal yang harus diperhatikan, saat memasak ikan salmon sebaiknya tidak terlalu matang atau bisa mencobanya dengan setengah matang. Dengan demikian kandungan gizi ikan salmon tidak akan hilang selama masa pemasakkan.

            Ketiga, daging. Daging menjadi sumber asupan protein utama bagi ibu hamil. Kamu bisa memilih daging ayam atau daging sapi. Daging sapi mengandung zat besi, kolin, vitamin B yang seluruhnya dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengonsumsi daging sangat dianjurkan saat trimester pertama, sebab di masa ini, ibu hamil juga memiliki volume darah yang meningkat dari sebelumnya. Keempat, sayuran hijau. Ibu hamil wajib menyukai sayuran, jika memang tidak terbiasa atau tidak doyan sayur mayor, saat hamil bunda harus tetap dan berusaha untuk mengonsumsinya, ya. Terdapat banyak pilihan sayuran hijau yang bisa dipilih, seperti bayam, daun katuk, dan brokoli. Sayur bayam merupakan sayuran pembangkit tenaga. Bayam juga memiliki kandungan vitamin K dan A, serta mangan dan folat. Asam folat berfungsi sebagai pencegahan perubahan DNA yang bisa menimbulkan risiko kanker. Selain itu, asam folat juga berperan dalam pembentukan saraf pada janin dan pertumbuhan tulang belakang. Semakin banyak mengonsumsi sayur bayam, maka janin akan semakin sehat dan kuat. Selain itu, asam folat yang terkandung dalam bayam bisa juga menurunkan risiko keguguran, loh!

            Kelima, susu. Susu merupakan asupan kalsium yang sangat baik bagi ibu hamil. Susu juga memiliki kandungan vitamin D, asam folat, dan iodium. Asupan kalsium bagi ibu hamil adalah sekitar 1300 mg per hari. Dengan meminum susu, ibu hamil akan dengan mudah memenuhi kebutuhan kalsium tersebut. Kalsium juga akan membantu perkembangan jantung dan menjaga irama jantung janin agar tetap stabil. Sementara kandungan vitamin D yang dimiliki oleh susu bisa mencegah infeksi selama masa kehamilan. Ibu hamil membutuhkan sekitar lima belas mikogram vitamin D selama kehamilan. Dengan mengonsumsi kelima makanan wajib tersebut, kehamilan akan tetap terjaga dan janin akan tetap sehat.  (dzdn)

Loading...