Inilah 5 Manfaat Penting Sayuran Hijau Bagi Tubuh


Inilah 5 Manfaat Penting Sayuran Hijau Bagi Tubuh


            Sayuran hijau menjadi asupan gizi dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Dari warna hijaunya itu, sayur hijau mengandung beberapa zat yang memberikan manfaat baik bagi tubuh. Zat yang terkandung pada sayuran diantaranya adalah Beta Karoten, Vitamin C, Zat Besi, dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan membahas lima manfaat yang terkandung pada sayuran hijau. 

             1. Mencegah kanker. 
Penyakit yang mematikan ini menjadi momok bagi setiap orang, penderita kanker di Indonesiapun cukup tinggi. Upaya untuk mencegahnya, kamu bisa secara rutin mengonsumsi sayuran hijau yang bisa menangkal radikal bebas terhadap tubuh. Karotenoid dan Flavonoid pada sayuran hijau dapat memerangi kanker perut, kanker usus besar, juga kanker payudara. Kamu bisa menemukan kandungan fitonutrien ini pada bayam dan apel hijau. 

            2. Meningkatkan fungsi otak. 
Pada artikel sebelumnya, kita juga pernah membahas bahwa sayuran memiliki kandungan folat yang baik bagi perkembangan otak. Kandungan folat bisa meningkatkan konsentrasi dan membantu fungsi otak tetap terjaga meski sudah lanjut usia. Kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, asparagus, bayam, atau sayuran lainnya yang memiliki warna hijau gelap. 

           3. Sumber zat besi. 
Zat besi sangat bermanfaat untuk pembentukkan hemoglobin yang bergungsi untuk membawa oksigen di dalam sel darah. Salah satu sayuran hijau yang memilki kandungan zat besi yang sangat cukup tinggi adalah daun selada. Kamu bisa mengonsumsi daun selada ini dengan dijadikan sebagai teman lalapan atau juga sebagai sayur pada burger. Zat besi juga berpengaruh pada kelancaran urine seseorang. Jadi semakin banyak mengonsumsi daun selada, maka peredaran oksigenmu di tubuh juga akan semakin lancar.

            4. Mengandung vitamin K.
Vitamin K sangat berpengaruh terhadap pembekuan darah dan pembentukkan tulang.  Maka kandungan vitamin K sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Pengingkatan kadar vitamin K dalam darah juga beperan dalam peningkatan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua, sehingga mampu membantu mencegah kepikunan pada usia lanjut. Vitamin K dibutuhkan oleh tubuh sekitar 55 hingga 65 mcg per harinya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan  vitamin K bagi tubuh dengan mengonsumsi sayuran bayam dan brokoli. Kelima, kalori yang sedikit. Inilah sebabnya mengapa sayuran hijau sangat  disarankan bagi kamu yang sedang menjalankan program diet sehat. Sebab, kandungan kalori dalam sayur hijau sangatlah sedikit, sehingga bagi yang mengonsumsi sayuran hijau tidak perlu khawatir untuk menjadi gemuk apalagi menjadi obesitas. Energi yang dihasilkan dari sayuran hijau ini sama dengan energi dari setangkup roti gandum. Jika kamu belum terbiasa dengan hanya mengonsumsi sayur hijau saat diet, kamu bisa mengkombinasikannya dengan pilihan buah lainnya yang kaya akan serat. Kamu bisa memilih alpukat, papaya, atau buah pear. Selain itu, kamu mungkin bisa mencoba membuat salad buah dan sayur juga, sehingga kandungan gizi yang terdapat di sayur hijau dan buah bisa sekaligus kamu dapatkan dan tubuhmupun tetap terjaga dengan ideal.

            Itulah lima manfaat yang dimiliki oleh sayuran hijau, pastikan kamu mengonsumsi sayur hijau setiap hari, sehingga asupan gizi penting yang terdapat dalam sayur bisa kamu cukupi dan tubuhmu akan tetap terjaga dengan sehat. (Dzdn)