Seberapa Penting Susu Bagi Ibu Hamil?


Seberapa Penting Susu Bagi Ibu Hamil?

            Sedemikian pentingnya nutrisi dan gizi bagi ibu hamil, ternyata ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk meminum susu secara rutin dan teratur. Susu mengandung gizi dan vitamin yang sangat penting bagi ibu hamil yang sedang menanti kelahiran si buah hati. Ibu hamil dianjurkan meminum susu sebanyak tiga kali dalam sehari. Mengapa demikian? Berikut saya akan uraikan satu per satu betapa pentingnya meminum susu untuk ibu hamil, silahkan disimak ya bunda.

            Susu mengandung gizi yang sangat penting untuk mencukupi kebutuhan harian ibu hamil. Jadi saat kamu memilih susu bagi ibu hamil jangan lupa juga untuk mengecek kandungan gizinya, ya. Susu yang baik adalah susu yang mengandung vitamin D, asam folat, protein, dan kalsium. Jangan khawatir merasa mual saat meminum susu, kini susu bagi ibu hamil tersedia beragam varian rasa mulai dari vanilla, strawberry, cokelat, alpukat, hingga pisang. Maka minum susu ibu hamil akan terasa lebih nikmat. Dari kandungan yang dimilikinya ini, susu juga akan berpengaruh banyak terhadap perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam rahim bunda.

            Alasan kedua sudah jelas bila susu akan mempengaruhi kesehatan janin hingga saatnya dilahirkan ke dunia. Menurut survey dan penelitian, bayi yang dilahirkan oleh ibu hamil yang rutin meminum susu lebih sehat jika dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak meminum susu. Susu yang diminum oleh bunda juga akan memberikan dampak yang sangat baik bagi perkembangan otak si kecil, saat dilahirkan si kecil juga akan lebih kebal terhadap serangan virus dan bakteri.

            Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bunda juga harus sangat memperhatikan kualitas dan kandungan gizi yang ada pada susu ya. Pilihlah susuyang rendah lemak agar tidak berpotensi menambah lemak bunda saat masa kehamilan. Lemak yang bertambah akan berpengaruh juga terhadap pertumbuhan janin. Pilihlah produk susu yang berkualitas dan bermerk yang juga sudah banyak direkomendasikan oleh ibu-ibu hamil lainnya. Bunda jangan tergiur dengan rasa yang enak dan murah, tetapi ternyata kandungan gizinya tidak lengkap. Jadi harus betul-betul memilih susu yang tepat ya. Saat hamil, bunda juga sangat penting menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Menurut penelitian yang dilakukan di Spanyol, susu juga bisa menekan kadar darah pada tubuh, sehingga bisa menurunkan risiko keguguran ataupun risiko lainnya saat proses persalinan. 

            Kalsium yang dimiliki oleh susu juga akan berpengaruh pada pertumbuhan tulang dan gigi, terlebih bagi si janin yang ada di dalam perut. Bagi ibu hamil, kandungan kalsium pada susu juga bisa mencegah risiko terjadinya osteoporosis. Susu juga bisa mencegah kekeroposan gigi dan tulang pada tubuh. Biasanya saat hamil, bunda juga sering merasa sakit pinggang dan nyeri pada tulang belakang, terlebih saat bayi mulai memasuki bulan ke delapan dan sembilan, yakni saat perut bunda semakin membesar dan terasa berat. Maka, mengonsumsi susu juga akan memperkuat tulang bunda dan meredakan rasa nyeri saat mengandung.

            Susu juga ternyata bisa meningkatkan energi. Energi yang dimaksud ini adalah energi yang berasal dari vitamin D. vitamin D juga sangat berperan terhadap perkembangan dan fungsi otak. Semakin banyak vitamin D yang ada pada tubuh, maka energi yang dimiliki juga semakin kuat dan mampu mengurangi rasa depresi. Maka, dari sekarang bunda harus mulai rutin ya meminum susu tiga kali sehari. Selamat mencoba! (dzn)